
1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar
  Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase  
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan  
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang  
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa
  Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat  
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana  
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di  
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara  
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," 
 kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di 
University  of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang 
berbeda.  "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan 
lingkungan yang  dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang 
baik." Beberapa  solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk
 lampu biru  terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat 
driver  konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan 
ini dibagi  menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan 
pengemudi  dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui 
beberapa  terowongan yang lebih kecil.

2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
  Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini  
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 
 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
  Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
  sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada  
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka  
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
  setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
  negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena  
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk  
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam  
terowongan.

3. Terowongan Zion-Mount CarmelLokasi : Zion Canyon, Utah
Latar
  Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion 
 di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
  Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai  
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion  
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan  
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan  
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,  
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
  selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.

4. Terowongan SmugglingLokasi : Tijuana, Mexico
Latar
  Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk  
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan  
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
  telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. 
Mengapa
  Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko  
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun 
 tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,  
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan  
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
  selama dua tahun. 

5. Marmaray TunnelLokasi :  Istanbul, Turki
Background:
  Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi  
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya  
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
  Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang  
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus 
 untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan  
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan 
 kedalaman maksimum 180 meter.

6. Thames TunnelLokasi : London, Inggris
Latar
  Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak  
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat  
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah  
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
  Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah 
pertama  kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash 
menceritakan. "Ini  adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah 
suatu alat yang  dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang 
berfungsi sebagai  dukungan sementara struktur, konstruksi yang 
memungkinkan kru untuk  aman, dan datar, menginstal sistem dukungan 
permanen di bawah air.  Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang
 baru pada awal abad  ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa 
masuk di dalam lokasi  konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan 
makan di dalam struktur  yang belum selesai. Ketika terowongan selesai 
pada 1843, Ratu Victoria  memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel 
untuk jasanya dalam dunia  konstruksi.

7. Seikan TunnelLokasi : Honshu, Japan
Latar
  Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau 
Honshu  dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
  Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel  
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
  membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian 
kawasan  geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para 
insinyur  dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk 
menghancurkan dan  menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

Latar
  Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di 
San  Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan 
lima  jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa
  Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan  
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash  
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat  
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
  membangun satu jembatan besar.

Latar
  Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah
  zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan 
di  dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea 
Utara,  dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa
  Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan 
Ketiga  dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute 
bawah tanah  Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan 
militer  besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk 
antar-jemput  seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan 
bahwa sebanyak  20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting 
hubungan antara Utara  dan Korea Selatan.

Latar
  Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,  
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. 
 Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832  
adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa
  Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung  
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api  
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
  tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu 
 bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur 
 alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
  Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
  delapan.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar